4 Hal Selama Work from Home yang Memicu Kolesterol  

4 Hal Selama Work from Home yang Memicu Kolesterol

Selama pandemi Covid-19, banyak pekerja yang berusia muda yaitu antara usia 20an tahun hingga 40 tahun bekerja di rumah. Tidak jarang, pembatasan aktivitas ini memicu berbagai masalah kesehatan. Kebijakan kerja dari rumah juga bisa menjadi penyebab kolesterol naik pada usia produktif.

 

Efek Buruk Bekerja dari Rumah

 

Pandemi menyebabkan aktivitas di luar rumah sangat terbatas dan juga menyebabkan orang berdiam diri di rumah atau kamarnya. Tak terkecuali para orang usia muda yang sebagian besar hidup merantau.

Meski bekerja dari rumah atau rumah kos pilihan terbaik untuk mengurangi penyebaran virus Corona, ternyata ada beberapa hal yang bisa menjadi masalah baru bagi para pekerja, salah satunya adalah penumpukan kolesterol. Berikut adalah beberapa sebab mengapa usia muda juga bisa mengalami penumpukan kolesterol

 

1.     Minum Minuman Tinggi Gula

 

Akhir-akhir ini, banyak sekali minuman kekinian yang dijual di pusat perbelanjaan. Beberapa minuman ini menggunakan topping bola-bola tapioka atau cream cheese. Minuman dengan  gula memang bisa menjadi pelarian, terutama jika gula darah rendah yang menimbulkan mudah marah, pusing, atau lelah.

Namun, minuman-minuman kekinian tersebut sangat tidak baik jika dikonsumsi secara berlebihan, apalagi jika dikonsumsi hampir setiap hari. Gula yang berlebihan akan memicu kadar kolesterol jahat dalam darah dan juga menyebabkan diabetes.

Batasilah dan kurangi konsumsi minuman tersebut. Anda bisa mengonsumsinya sebulan sekali untuk saat menerima gaji sebagai rasa terima kasih pada diri sendiri.

 

2.     Terlalu Banyak Begadang

 

Saat bekerja di rumah, Anda mungkin merasakan perbedaan jam kerja. Karena di rumah, terkadang batas antara jam kerja dan istirahat tidak berarti. Hal ini menyebabkan banyak orang sering begadang dan kurang tidur.

Padahal, begadang bisa menyebabkan sistem metabolisme tidak imbang serta menjadi penyebab kolesterol naik. Mulailah bekerja pukul 8:00 dan selesai pukul 17:00 sama seperti di kantor. Pasang target agar pekerjaan Anda segera selesai, sehingga Anda bisa istirahat lebih lama.

 

3.     Dessert Tidak Sehat

 

Salah satu tantangan kerja di rumah bekerja sendiri sehingga menimbulkan rasa bosan, mengantuk, dan jenuh. Beberapa orang membunuh kantuk dan jenuh dengan makan cemilan berupa dessert yang tidak sehat. Misalnya terlalu banyak krim kocok, butter, gula, atau keju.

Meski sangat enak, kandungan dalam dessert tersebut tidak baik jika dikonsumsi berlebihan dan bisa menimbulkan penumpukan lemak serta kolesterol dalam tubuh.

 

4.     Kurang Aktivitas Fisik 

 

Bekerja di dalam kamar atau rumah memang membatasi gerak Anda. Tetapi, hal ini bisa diatasi dengan olahraga di tempat. Anda bisa melakukan senam, peregangan, aerobik, zumba atau menggunakan tuntunan aplikasi untuk olahraga setidaknya selama 10 menit.

Tetapkan jadwal olahraga di luar saat pagi hari ketika suasana masih sepi dengan udara yang bersih. Anda bisa berjalan-jalan mengeliling kompleks dan jogging di sekitar rumah atau kos.

 

 

Pandemi Covid-19 memang membatasi gerak banyak orang. Namun, dalam keadaan seperti ini Anda sebaiknya tetap mengusahakan mengutamakan kesehatan agar imunitas terjaga dan juga tidak memicu hal-hal penyebab kolesterol naik.

About: admin

shares