5 Cara Mudah Membujuk Anak Kucing Agar Mau Makan

5 Cara Mudah Membujuk Anak Kucing Agar Mau Makan

Cara merawat anak kucing yang baru lahir memang susah-susah gampang, apalagi jika tanpa induknya. Mau tidak mau Anda harus lebih ekstra memperhatikan si kucing, baik itu dari makanannya, kesehatannya, dan lain sebagainya. Anak kucing biasanya sudah mulai bisa makan jika usianya sudah satu bulan. Namun banyak anak kucing yang malah tidak mau makan karena satu atau dua hal.

 

Agar anak kucing mau makan

 

Anak kucing yang tidak mau makan bisa disebabkan oleh beberapa hal. Mulai dari stres, luka di dalam mulut, bosan dengan makanannya, gejala awal sakit, dan masih banyak lagi. Untuk itu, tips di bawah ini bisa membantu jika anak kucing Anda tidak mau makan akibat sakit atau adanya gangguan nafsu makan lainnya.

 

1.     Memberi Makan dalam Porsi Kecil

 

Jika si kucing tidak mau makan karena sakit, berikan porsi makan yang lebih sedikit dari sebelumnya. Namun, pastikan kamu memberinya sesering mungkin, ya. Cara yang satu ini dinilai cukup ampuh agar si kucing mau makan. Pastikan si kucing mau memakan makanan yang Anda berikan. Kalau perlu, Anda bisa menyuapinya langsung.

 

2.     Memanaskan Makanan

 

Cara lainnya adalah dengan memanaskan makanan. Cara ini bisa dilakukan jika kucing Anda hidungnya tersumbat. Jadi, cara yang satu ini bisa membantu meningkatkan aroma makanan, sehingga bisa jadi nafsu makan si kucing bisa terangsang. Cukup panaskan tidak lebih dari 30 menit di dalam microwave. Ini merupakan langkah yang membutuhkan kesabaran ekstra seperti cara merawat anak kucing yang baru lahir.

 

3.     Mengganti Merk Makanan

 

Si kucing tidak mau makan bisa jadi karena ia bosan dengan merk makanan yang Anda berikan. Jadi, tidak ada salahnya untuk mencoba makanan merk baru khusus anak kucing. Anda bisa membeli makanan kering dan basah. Berikan keduanya selang seling agar si kucing tidak bosan.

 

4.     Memberi Makan Menggunakan Alat Suntik

 

Jika si kucing masih saja tidak mau makan, coba gunakan alat suntik. Ambil makanan basah menggunakan alat suntik secukupnya, lalu masukan ke dalam mulut kucing melalui mulut bagian pinggir. Suntikan perlahan dan lihatlah apakah si kucing mau menelannya atau tidak. Jika masih kesulitan, cobalah tambahkan air agar si kucing bisa lebih mudah menelannya.

 

5.     Menghindarkan Kucing dari Keramaian

 

Biasanya anak kucing akan stres kalau terlalu banyak benda bergerak di sekitarnya. Misalnya, anak-anak yang sering berlarian, kendaraan yang berlalu lalang, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, tempatkan ia di tempat yang sepi untuk sementara.

Kalau perlu, Anda bisa sambil mengajaknya bermain, sehingga ia menjadi tidak terlalu takut. Setelah itu, cobalah beri makan, apakah ia mau melahapnya atau tidak.

Dengan mengikuti lima cara di atas, kemungkinan besar anak kucing Anda mau lagi untuk menyantap makanannya. Oleh karena itu, Anda harus memberikan perhatian ekstra dalam pemberian makan maupun cara merawat anak kucing yang baru lahir.

About: admin

shares