5 Obat Demam yang Cocok untuk Anda

Obat Demam yang Cocok untuk Anda

Hampir setiap orang pernah mengalami demam. Demam merupakan reaksi dari sistem kekebalan tubuh terhadap adanya penyakit atau infeksi. Normalnya, orang akan mengalami demam sekitar 3-7 hari dan akan kembali pulih. Meski tergolong penyakit yang tidak terlalu berat, Anda tidak bisa meremehkan begitu saja dan tetap harus segera ditanggulangi. Berikut ini adalah beberapa obat demam yang cocok untuk Anda.

Rekomendasi Obat Demam untuk Anda

  1. Mandi dengan air hangat

Ketika sedang demam, suhu tubuh akan menjadi lebih tinggi dari biasanya. Di saat itu, mungkin Anda akan merasa begitu gerah dan sering berkeringat. Namun, jangan tergoda mengguyur tubuh dengan menggunakan air dingin. Hal ini karena bisa menyebabkan pembuluh darah menyempit. Akan jauh lebih baik jika Anda mandi dengan menggunakan air hangat karena bisa mengurangi demam perlahan-lahan.

  1. Mengompres air hangat

Cara ini sepertinya memang telah dilakukan sejak zaman dulu. Namun, jangan mengompres dengan menggunakan air dingin karena cara tersebut tidak cukup ampuh untuk menyembuhkan demam. Justru, tubuh akan mendeteksi air dingin tersebut sebagai ancaman dan menjadikan suhu tubuh semakin naik. Demam pun akan menjadi semakin parah.

Mengompres dengan air hangat adalah cara yang cukup baik. Dengan mengompres air hangat, pembuluh darah akan menjadi lebar. Ini akan memicu tubuh untuk memproduksi keringat jauh lebih banyak dan bisa mengeluarkan panas dari dalam tubuh. Untuk melakukannya, Anda hanya cukup merendam kain waslap ke air hangat dan tempelkan pada ketiak selama kurang lebih 10 menit.

  1. Perbanyak makan buah

Buah-buahan yang mengandung vitamin C seperti jambu, pepaya, nanas, mangga, stroberi, dan jeruk sangat disarankan untuk dikonsumsi ketika demam. Antioksidan yang terkandung di dalamnya sangat mendukung sistem imun tubuh untuk melawan infeksi dan membuat proses penyembuhan berjalan lebih cepat. Lebih baik konsumsi langsung buah tersebut daripada meminum jus karena kandungan vitaminnya akan lebih utuh.

  1. Minum ibuprofen

Ibuprofen biasa digunakan untuk mengurangi rasa sakit yang timbul karena sakit gigi, haid, nyeri otot, sakit kepala, atau radang sendi. Namun, ternyata obat ini juga bisa digunakan untuk meredakan demam dan flu. Biasanya obat ini diminum setiap 5 atau 6 jam dengan menggunakan air putih. Setelah mengonsumsi ibuprofen, sangat tidak disarankan untuk berbaring karena akan menimbulkan efek samping.

  1. Meminum paracetamol

Paracetamol berguna untuk menurunkan suhu tubuh yang naik ketika demam. Obat ini biasanya juga sering digunakan untuk mengobati rasa nyeri, meredakan flu, gejala menstruasi, sakit punggung, sakit gigi, dan lain-lain. Ada berbagai bentuk dari paracetamol, mulai dari pil, tablet kunyah, dan juga sirup. Konsumsi obat ini sesuai dengan anjuran dokter dan jangan sampai mengonsumsi terlalu berlebihan karena dampaknya akan berbahaya bagi tubuh.

Sebagai peringatan, jangan minum paracetamol dengan waktu lebih dari 5 hari untuk anak-anak dan 10 hari untuk orang dewasa. Hal ini dikarenakan jika terlalu lama mengonsumsi paracetamol akan menyebabkan beberapa efek samping seperti lidah bengkak, susah bernapas, muncul ruam dan gatal, serta mengalami pusing yang cukup berat.

Itulah beberapa obat demam yang bisa Anda coba. Secara umum, tanpa obat pun sebenarnya demam akan hilang dengan sendirinya. Namun, obat ini digunakan untuk mempercepat proses pemulihan. Mengonsumsi obat akan membuat tubuh menjadi lebih kuat untuk melawan infeksi. Obat-obat tersebut bisa Anda beli di HDmall, yang sudah terpercaya akan berbagai produk farmasinya.

About: admin

shares