Bisa Karena Dehidrasi, Ini 5 Penyebab Kontraksi Palsu

Bisa Karena Dehidrasi, Ini 5 Penyebab Kontraksi Palsu

Tak selamanya kontraksi hanya terjadi jelang waktu kelahiran. Ada juga yang namanya kontraksi palsu atau Braxton Hicks, yang bisa dialami oleh ibu hamil mulai dari saat ia memasuki trimester kedua kehamilan. Beda dengan kontraksi asli, kontraksi palsu ini hanya terjadi dalam kurun waktu singkat saja dengan intensitas yang ringan. Berikut 5 penyebab kontraksi palsu ini bisa terjadi.

  1. Kurangnya Asupan Cairan atau Dehidrasi

Ibu hamil bisa mengalami kontraksi palsu disebabkan karena kurangnya asupan cairan yang diperolehnya. Wanita hamil, membutuhkan setidaknya 10 hingga 12 gelas air per harinya. Oleh sebab itu, jika Anda yang saat ini sedang hamil dan tidak ingin mengalami dehidrasi yang berujung pada terjadinya kontraksi palsu, minum air yang cukup dan selalu bawa botol minum ke mana pun.

  1. Aktivitas Fisik yang Berlebihan

Aktivitas fisik misalnya seperti olahraga memang tak dilarang selama masa kehamilan, namun intensitasnya tentu tak boleh terlalu berat. Aktivitas fisik yang berlebihan akan memicu rasa lelah, serta menyebabkan kontraksi palsu. Oleh sebab itu, lakukan saja aktivitas fisik sewajarnya. Jika Anda ingin berolahraga, pilihlah jenis olahraga ringan yang tak akan menguras banyak energi Anda.  

  1. Melakukan Hubungan Suami Istri

Memang tak ada larangan untuk melakukan hubungan suami istri kala Anda sedang berbadan dua, Namun, salah satu risiko yang mungkin ditimbulkannya adalah munculnya kontraksi palsu. Mengapa bisa demikian? Hal ini disebabkan karena tubuh memproduksi hormon oksitosin saat melakukan hubungan suami istri, yang kemudian memicu terjadinya kontraksi pada otot rahim.

  1. Kondisi Penuhnya Kandung Kemih

Munculnya kontraksi palsu juga bisa disebabkan karena penuhnya kondisi kandung kemih Anda. Dikarenakan penuhnya kandung kemih, maka memicu terjadinya tekanan pada rahim, membuat otot rahim kemudian mengalami kontraksi atau juga terasa kram. Kontraksi palsu disebabkan oleh hal ini umumnya akan segera hilang setelah Anda buang air kecil.

  1. Stres

Stres yang dialami oleh ibu hamil juga merupakan salah satu pemicu munculnya kontraksi palsu. Bisa jadi, Anda mengalami stres dari banyaknya pekerjaan di rumah atau kantor yang harus segera diselesaikan atau bisa juga karena Anda mengalami tekanan. Solusi untuk kondisi ini tentu saja adalah dengan menenangkan diri, agar tak larut dalam stres.

Sekiranya Anda sedang banyak pikiran dan merasa tertekan, lakukan aktivitas yang bisa menenangkan pikiran dan tubuh Anda. Anda bisa melakukan meditasi atau pun senam yoga di rumah, agar pikiran lebih tenang dan tubuh pun bisa rileks. Jika perlu, pergi saja liburan singkat untuk mengusir stres yang menghantui.

Penyebab kontraksi palsu atau Braxton Hicks ada beragam bentuknya, di antaranya seperti dehidrasi, stres, dan kelelahan. Dengan mengetahui penyebab kontraksi palsu ini, maka Anda akan lebih mudah mencari solusi untuk menanganinya. Misalnya saja, jika Anda merasa kontraksi palsu dipicu oleh stres yang dialami, Anda bisa coba menenangkan diri dengan meditasi atau liburan. 

About: admin

shares