Cara Membuat Kopi Sachet Instan

Cara Membuat Kopi Sachet Instan

Saat ini sudah banyak para penikmat kopi bahkan kopi termasuk minuman yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Meskipun merupakan penikmat kopi, setiap orang pasti memiliki selera kopi yang berbeda-beda. Ada yang lebih suka kopi pahit namun ada juga yang lebih menyukai kopi yang tidak terlalu pahit. Untuk pembuatannya juga ada yang menyukai kopi yang dibuat secara manual atau ada yang lebih suka kopi sachet instan karena pembuatannya lebih praktis.

Tidak ada salahnya jika menyukai kopi instan apalagi dalam kemasan sachet karena sudah memiliki takaran yang pas tanpa harus repot membuat kopi sendiri. Meskipun cara penyajian kopi instan sachet bisa dibilang cukup mudah, proses pembuatan kopi instan ini tidak boleh sembarangan. Pembuatan kopi instan sudah melewati proses yang panjang untuk menjaga cita rasanya dan formula kopi agar sesuai dan dapat menghasilkan secangkir kopi yang nikmat saat disajikan.

 

Pemilihan Biji Kopi Sachet Instan

 

Sebelum biji kopi menjadi kopi instan sachet siap seduh, tentu harus memilih biji kopi yang sesuai dengan jenis kopi instan yang ingin dihasilkan apakah itu biji kopi robusta, arabika, atau perpaduan antara keduanya. Untuk perbedaan kedua biji kopi terletak pada rasanya di mana kopi robusta lebih tajam dan kuat sedangkan kopi arabika lebih manis dan lembut.

 

Proses Roasting Biji Kopi Sachet Instan

 

Setelah melakukan pemilihan biji kopi maka selanjutnya akan melewati proses pemanggangan atau roasting dengan tujuan untuk memunculkan cita rasa dari biji kopi tersebut. Bentuk dan rasa biji kopi akan berubah apabila terkena paparan suhu tinggi karena mengalami penguapan, kehilangan kelembapan dan juga perubahan kimiawi.

Maka dari itu proses roasting menjadi hal yang sangat penting karena semakin lama proses roasting maka rasa kopi akan lebih pahit karena biji kopi yang semakin kering dan sebaliknya proses roasting tingkat ringan atau light roasting membuat kopi terasa lebih lembut dan asam. Maka dari itu rasa dari biji kopi bergantung pada tingkatan proses roasting.

 

Perubahan Biji Kopi Menjadi Bubuk Kopi Sachet Instan

 

Bubuk kopi akan menjadi lebih mudah larut dalam air setelah melewati proses pengeringan baik itu spray drying dan atau freeze drying. Kopi akan diubah menjadi cairan konsentrat dengan melewati proses spray drying. Setelah itu proses penguapan akan mengurangi kandungan air dan juga kelembapannya sehingga menghasilkan bubuk kopi instan yang mudah larut dengan air.

Nescafe merupakan salah satu produk kopi instan terbaik dari biji kopi berkualitas dan cara penyajian yang praktis. Nescafe menjadi pilihan favorit bagi penikmat kopi instan apalagi terdapat banyak varian kopi mulai dari kopi hitam hingga kopi dengan campuran susu atau kremer yang diproses hingga menjadi kopi sachet.

About: admin

shares