Inilah Resiko Jika Tidak Menyantap Menu Sarapan Pagi Sehat

Inilah Resiko Jika Tidak Menyantap Menu Sarapan Pagi Sehat

Jika sering melewatkan sarapan pagi maka Anda perlu memperhatikan risiko atau bahaya yang dapat ditimbulkan. Memang masih banyak orang yang memiliki kebiasaan buruk seperti melewatkan kegiatan penting tersebut di pagi hari. Sebagian beralasan belum lapar dan sebagian beralasan terlalu sibuk untuk menyiapkan menu sarapan pagi sehat.

Padahal, kebiasaan melewatkan sarapan dapat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Sarapan sendiri dapat menghasilkan gula darah yang membantu meningkatkan kinerja otak dan menguatkan otot. Jika belum tahu risiko apa saja yang bisa menghampiri Anda yang sering tidak sarapan, maka simak pembahasan berikut.

 

1. Mudah Terkena Diabetes

Resistensi insulin akan dialami tubuh Anda ketika tiba-tiba memasukan makanan dalam porsi banyak saat perut kosong. Menurut penelitian yang dilakukan Harvard, resiko wanita terkena diabetes tipe 2 akan meningkat 20% jika tidak sarapan secara teratur.

 

2. Sakit Jantung

Risiko serangan jantung pada pria akan meningkat sebanyak 27% jika sering melewatkan sarapan pagi. Hal ini telah dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan Harvard yang mengatakan bahwa metabolisme tubuh berubah dan bekerja lebih keras saat seseorang sering tidak sarapan. Sehingga kemungkinan masalah jantung bisa meningkat akibat arteri mengalami penumpukan plak.

 

3. Berat Badan Tidak Terkontrol

Banyak yang salah mengartikan bahwa berat badan bisa turun jika melewatkan sarapan. Padahal, yang terjadi sebenarnya adalah berat badan bisa melonjak apabila seseorang sengaja melewatkan sarapan pagi. Hal ini karena porsi makan menjadi lebih banyak dan perlahan-lahan membuat berat badan seseorang meningkat.

 

4. Kinerja Otak Menurun

Kesehatan otak ternyata juga bisa menurun ketika seseorang rutin melupakan sarapannya. Fungsi kinerja otak menurun disebabkan oleh nutrisi yang terhambat. Jika ingin meningkatkan kemampuan kognitif otak, maka Anda harus rutin sarapan di pagi hari dengan menu sehat yang mengenyangkan.

 

5. Membuat Metabolisme Tubuh Kacau

Untuk menghemat energi, tubuh secara otomatis akan berhenti bekerja jika di pagi hari Anda tidak mengisi perut dengan makanan sehat. Selain itu, metabolisme tubuh juga dapat terpengaruh akibat kalori yang dibakar tidak optimal karena berkurangnya keinginan tubuh menjalankan fungsi utamanya. Jika ingin metabolisme tubuh tetap stabil, maka biasakan diri Anda untuk sarapan menu sehat setiap pagi sebelum memulai aktivitas.

 

6. Bau mulut

Melewatkan sarapan juga menyebabkan bau mulut tidak sedap. Pernyataan ini telah dibuktikan oleh studi U.S News and World Report yang mengatakan bahwa produksi air liur di kelenjar mulut dimana berfungsi sebagai pembersih bakteri di lidah bisa bekerja lebih optimal jika Anda sarapan. Setidaknya sarapanlah dengan segelas air putih dan buah segar untuk sebagai cara efektif membersihkan mulut dari bakteri penyebab bau tidak sedap.

 

Menu Sarapan Praktis dari Sahabat Nestle yang Bisa Dicoba

Kini, Anda tahu bahwa sarapan tidak boleh dilewatkan jika tidak ingin menerima risiko yang disebutkan di atas. Jika alasannya buru-buru atau tidak punya banyak waktu, maka coba buatlah menu sarapan praktis dari sahabat nestle berikut.

  • Omelette lapis bayam
  • Salad buah saus strawberry
  • Banana choco smoothie

Nah, itulah beberapa menu sarapan pagi sehat dari Sahabat Nestle yang praktis dan waktu pembuatannya cepat. Jadi, jangan lupa mengawali pagi dengan sarapan sehat yang direkomendasikan Sahabat Nestle.

 

 

About: admin

shares