Mengenal Tentang French Press, Mesin Kopi Manual

Mengenal Tentang French Press, Mesin Kopi Manual

French press menjadi salah satu mesin kopi manual yang cukup populer karena memiliki bentuk yang unik seperti teko. Namun sebenarnya french press memiliki peran penting dalam membuat kopi anda menjadi lebih nikmat apabila digunakan dengan tepat.

Nama french press memang sudah tidak asing lagi sebagai alat untuk menyeduh kopi. Berbeda dengan alat penyeduh manual lainnya yang menggunakan able kone atau filter kertas, french press memiliki metode yang lebih sederhana.

Kopi yang diseduh dengan french press akan memberikan rasa yang berbeda namun tidak kalah nikmat dibandingkan dengan metode seduh lainnya. Kopi yang dihasilkan oleh french press akan lebih lembut, kaya dan juga sedikit oily karena tidak menggunakan filter kertas. Meskipun begitu, kopi hasil french press tetap memiliki aroma yang kuat dan menyenangkan.

 

Cara Menggunakan French Press

 

Sebenarnya french press memiliki cara penggunaannya sendiri agar bisa menghasilkan kopi yang lezat dan segar. Untuk penggunaan french press yaitu :

 

  1. Gunakan air yang baik

Kopi memiliki kandungan 98% H2O sehingga air yang digunakan haruslah berkualitas dan juga dari air yang baik. Pastikan air yang digunakan tidak terkontaminasi dengan rasa dan zat lain. Wadah untuk tempat menyimpan air juga harus bersih dan rutin dicuci. Pastikan juga untuk tidak menyimpan air di wadah bekas menyimpan minuman lain agar rasa atau aroma minuman lain tidak menempel ke air.

 

  1. Gunakan biji kopi yang segar dan baru

Kopi yang sudah lama disimpan apalagi jika menggunakan bubuk, rasanya tidak akan sama dan sesegar kopi yang menggunakan bubuk kopi segar dan masih baru. Jika memungkinkan, sebaiknya simpan dalam biji kopi di wadah tertutup dibandingkan jika menyimpan bubuk kopi karena bubuk kopi yang digiling langsung dari biji kopi rasanya juga akan lebih nikmat.

Maka dari itu untuk hasil kopi terbaik, biji kopi lebih baik digiling hingga menjadi bubuk di saat ingin menggunakannya, bukan menggunakan bubuk kopi yang telah disimpan berhari-hari meskipun disimpan di wadah tertutup. Namun jika menggunakan bubuk kopi, sebaiknya bubuk kopo tidak disimpan terlalu lama untuk menjaga cita rasanya.

 

  1. Gunakan air dengan suhu yang tepat

Dalam menyeduh kopi, air yang digunakan haruslah memiliki suhu yang tepat karena suhu air yang terlalu panas akan membuat kopi terasa lebih pahit sedangkan jika kurang panas maka aroma dan rasa kopi tidak akan keluar. Sebaiknya air yang digunakan memiliki suhu 94 derajat celcius kemudian siap digunakan.

 

Selain menggunakan mesin kopi manual french press, anda juga bisa menggunakan mesin otomatis dengan harga yang lebih terjangkau yaitu NESCAFE Dolce Gusto beserta kapsulnya. Nescafe Dolce Gusto memiliki banyak varian kapsul kopi sehingga anda bisa menikmati rasa kopi yang berbeda-beda setiap harinya.

About: admin

shares